Senin, 01 Desember 2014

Telematika (pertemuan 1)



Telematika

1. Definisi dari telematika?
Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
Pertama kali istilah Telematika digunakan di Indonesia adalah pada perubahan pada nama salah satu laboratorium telekomunikasi di ITB pada tahun 1978.
Cikal bakal Laboratorium Telematika berawal pada tahun 1960-an. Sempat berganti-ganti nama mulai dari Laboratorium Switching lalu Laboratorium Telekomunikasi Listrik. Seiring perjalanan waktu dan tajamnya visi para pendiri, pada tahun 1978 dilakukan lagi perubahan nama menjadi Laboratorium Telematika. Ketika itu, nama Telematika tidak sepopuler seperti sekarang. Pada tahun 1978 itulah, di Indonesia, istilah Telematika pertama kali dipakai.
Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).
Salah satu milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari milis inipun tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang jelas arsip pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari hasil pencarian di arsip mailing list Telematika saya menemukan salah satu ulir diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan oleh Paulus Bambang Wirawan.
Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
2. Media komunikasi apa saja yang digunakan untuk telematika?
Media yang digunakan dalam telematika hardware atau perangkat keras yang berguna sebagai pengirim dan penerima data, satelit digunakan sebagai sarana telematika kegunaan  Satelit komunikasi menerima sinyal yang dipancarkan ke arahnya dari Bumi, dan mengirimkannya ke tempat lain, Komputer, Telephone, Handphone, Smartphone, Televisi, Radio, jaringan Internet, Global Positioning System (GPS)

3. Jelaskan perkembangan telematika sebelum dan sesudah internet muncul!
    perkembangan telematika sebelum internet muncul
Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan Telematika hingga saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisipada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronikmelalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957.
Perkembangan teknologielektronika, yang merupakan cikal bakal Telematika saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini. Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler.
Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi – komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti ‘otot’ manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi – komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) ‘otak’ manusia.


4.apa yang anda harapkan kedepannya dengan adanya telematika di indonesia?
dengan adanya telematika di indonesia di harapkan dapat mencerdaskan masyarakat pada khususnya di daerah-daerah tertinggal sehingga dapat membantu pemerataan pembangunan. dan dapat bidang usaha membantu untuk digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan sebuah produk dan mempermudah transaksi dalam berbisnis dan juga meningkatkan pendapatan dan dapat meningkatkan perekonomian .

Sabtu, 06 Juli 2013

Struktur & Organisasi Data 2

Struktur & Organisasi Data 2

Materi :

  1. Tipe Data
  2. Array
  3. Stack 
  4. Queue
  5. Graph
  6. Linked List
  7. Record 
  8. Pohon Biner

    1.Tipe Data

    STRUKTUR DATA
    PENDAHULUAN
    Struktur data adalah suatu koleksi atau kelompok data yang dapat
    dikarakterisasikan oleh organisasi serta operasi yang didefinisikan terhadapnya.
    Algorithma : barisan langkah-langkah unutk menyelesaikan sebuah program. Inputnya
    harus data. Sebuah program belum tentu Algortihma, Sebuah Algoritma harus bisa
    diimplementasikan sebuah program.
    Jadi Struktur Data & Algoritma = Program
    Data secara umum dapat dikategorikan atas :
    - Tipe data sederhana
    1. Tunggal : Integer, Real, Boolean, Karakter
    2. Majemuk : String
    - Struktur data
    1. Sederhana : Array, Record
    2. Majemuk :
    - Linier : Linier Linked List, Stack, Queue
    - Non Linier : Binary Tree, Binary Search Tree, General Tree, Tree, Graf

    2.Array
     
    ARRAY
    Array adalah suatu himpunan hingga elemen, terurut dan homogen.
    Terurut adalah elemen tersebut dapat diidentifikasikan sebagai elemen pertama,
    kedua, sampai dengan elemen ke-n.
    Homogen adalah bahwa setiap elemen dari sebuah array tertentu haruslah
    mempunyai tipe data yang sama.
    Pengertian array telah kita kenal sebelumnya dalam Matematika, yang
    lebih dikenal sebagai matriks atau tabel. Vektor merupakan array yang paling
    sederhana.

    3.Stack

    S T A C K ( T U M P U K A N )

    LINIER LIST
    Suatu struktur data umum yang berisi suatu kumpulan terurut dari elemen;
    jumlah elemen di dalam list dapat berubah-ubah.
    Linier list A yang terdiri dari T elemen pada waktu t, dinotasikan sebagai :
    A = [ A1, A2, ..., AT]
    Jika T = 0, maka A disebut “Empty List” atau “Null List”
    Suatu elemen dapat dihilangkan/dihapus dari sembarang posisi dalam linier list,
    dan dapat pula dimasukkan elemen baru sebagai anggota list.
    Contoh :
    1. File, dengan elemennya berupa record
    2. Buku telepon
    3. Stack
    4. Queue
    5. Linear link list
    STACK
    Stack adalah suatu bentuk khusus dari linier list, dengan operasi penyisipan dan
    penghapusan dibatasi hanya pada satu sisinya, yaitu puncak stack (TOP).
    Operator penyisipan (insertion) : PUSH
    Operator penghapusan (deletion) : POP
    Operasi stack : LIFO (Last In First Out), yaitu : yang terakhir masuk yang
    pertama keluar.

    4.Qeueu

    Q U E U E ( A N T R E A N )
    ANTREAN (Queue)
    Suatu bentuk khusus dari linear list, dengan operasi penyisipan
    (insertion) hanya diperbolehkan pada salah satu sisi, yang disebut
    REAR, dan operasi penghapusan (deletion) hanya diperbolehkan
    pada sisi yang lainnya, yang disebut FRONT dari list.
    Antrean Q = [Q1, Q2, ... , QN]
    Front(Q) = Q1 bagian depan antrean
    Rear(Q) = QN bagian belakang antrean
    Noel(Q) = N jumlah elemen dalam antrean
    Operasi Antrean : FIFO (First In First Out)
    Elemen yang pertama masuk merupakan elemen yang pertama
    keluar.
    Operator : Penyisipan : Insert
    Penghapusan : Remove
    Empat operasi dasar antrean, yaitu :
    1. CREATE
    2. ISEMPTY
    3. INSERT
    4. REMOVE

    5.Graph

    G R A P H
    Graf adalah :
    ♦ Himpunan V (Vertex) yang elemennya disebut simpul (atau
    point atau node atau titik)
    ♦ Himpunan E (Edge) yang merupakan pasangan tak urut dari
    simpul, anggotanya disebut ruas (rusuk atau sisi)
    Notasi : G(V,E)
    Simpul u dan v disebut berdampingan bila terdapat ruas (u,v).
    Graf dapat pula disajikan secara geometrik, simpul disajikan
    sebagai sebuah titik, sedangkan ruas disajikan sebagai sebuah
    garis yang menghubungkan 2 simpul.

    6.Linked List
     
    LINKED LIST
    LINKED LIST ATAU ONE-WAY LIST
    Adalah koleksi linier dari elemen data yang disebut Simpul atau Node.
    Cara melinierkan urutan adalah dengan menggunakan Penuding atau Pointer.
    Setiap simpul terdiri atas dua bagian yaitu :
    1. Berisi informasi data
    2. Merupakan field link atau nextpointer.
    Link menghubungkan satu elemen data ke elemen data lainnya, sehingga urutan
    elemen data tersebut membentuk suatu linier list.
    Link akan bernilai = 0 bila tidak menuding ke data (simpul) lainnya. Penuding ini
    disebut Penuding Nol.

    7.Record

    RECORD
    Suatu kumpulan elemen hingga, terurut dan heterogen sebagai suatu unit.
    Elemen-elemen dari suatu record disebut field.
    Field adalah suatu area dari record yang menggunakan suatu informasi tertentu


    Materi tambahan Yaitu tentang Manual Book. Manual book tersebut di buat dalam sebuah bentuk persentasi, Yang menjelaskan tentang Pembuatan Atau Langkah-Langkah Pembuatan Gambar graf, Serta juga cara menghitung jalur terpendek dengan menggunakan Algoritma Djikstra.
    Agar Kalian Dapat Belajar dengan lebih mudah, Kalian dapat langsung mengunduh File tentang Manual book tersebut dalam bentuk File OpenOffice yang dapat kalian unduh secara gratis :
     
    Klik Di bawah : 
    http://www.4shared.com/file/HQU8zJf_/2ka12_RanggaSepta_15111873.html
    [dalam bentuk .odp] tips download [ http://www.joydownload.com/download/a6346fe59f998e68d39f95b82ad49610-15747.html]

    Link Di bawah dalam bentuk PDF :
    http://www.4shared.com/office/D87zeZ85/2ka12_RanggaSepta_15111873pdf.html

    Selain Itu Disini Saya juga menyediakan alternatif Mudah untuk Mempelajari Apa itu Queue Yang ada di ulasan materi di atas. Agar dapat memudahkan Kalian memahami materi kalian dapat melihat video singkat kami yang dapat ada buffring di Youtube. Berikut Link nya :
     
    Klik di Bawah :
    http://www.youtube.com/watch?v=5JMrhejBjp0

    Demikian Sedikit Pembahasan saya tentang Materi Struktur & Organisasi Dasar, Maaf Jika Kurang memuaskan. Tidak lebih niat saya hanya untuk berbagi ilmu. Terima kasih. Salam.

Minggu, 05 Mei 2013

Kisah Kakek Penjua Lem



“Kisah Seorang Penjual Lem”

Ok tak usah berlama-lama, simak langsung cerita nya kawan ^_^.

Profile : Nama Saya Rey umur 19 tahun, saya seorang mahasiswa di perguruan tinggi yogya. Saya pria baik, cakep ( gak cakep” amat), tinggi 173, 1 lagi yang paling penting saya rajin sholat. Bisa di pastiin setiap siang saat istirahat pelajaran, saya langsung menyempatkan diri untuk ke mushollah demi menunaikan sholat dzuhur. Sampai” teman saya kalau ingin bertemu saya harus menunggu di depan mushollah ( maklum dia non islam). Pada suatu hari, tepatnya itu hari jum’at. Sekitar pukul 11.45 saya pergi k mesjid belakang kampus untuk menunaikan ibadah sholat jum’at dan dzuhur. Saya berjalan dengan teman kelas yang juga beragama islam untuk menunaikan sholat bersama. Ketika perjalanan ke mesjid sekitar 10 meter dari mesjid terlihat seorang kakek tua yang duduk lemas di pinggiran dinding dan pagar kampus. Sekilas saya berfikir itu seorang pengemis, ketika makin dekat perjalanan saya dengan si kakek tua itu. Saya tergejut ternyata dia pedagang Lem kertas. Sementara saya lihat di kerumunan banyak orang yang lalu lalang, tidak ada satu pun mahasiswa yang mendekati si kakek tua itu dengan maksud membeli barang dagangannya. Hati ini berdegup kencang dengan sedikit sedih melihat kondisi si kakek yang sudah tua. Namun waktu sholat sudah hampir mulai, dengan terpaksa saya harus melanjutkan berjalanan saya ke mesjid dengan maksud nanti setelah sholat saya akan menemui kakek itu.

Setelah saya menunaikan sholat, saya langsung keluar mesjid dan memakai sepatu saya. Dengan sedikit tergesa-gesa saya langsung menghampiri kakek tua yang ternyata dia juga baru selesai sholat. Dalam hati saya berkata “Ya Allah Hebat sekali kakek ini meskipun dia sudah tua, tetapi dia tetap menjalankan kewajiban sholatnya dengan harus berjalan kaki yang saya rasa diapun susah untuk berjalan”. Akhir nya saya sampai di tempat kakek tua, dan saya langsung berbincang kepada si kakek.
“Kek,Jualan apa disini”.tanyaku basa-basi untuk memulai perbincangan.
“Jual Lem kertas cu”. Jawab kakek itu pelan.
“Berapa kek 1 nya?”. Tanyaku lagi.
“1500 cu”. Jawab dia singkat.
“cucu mau beli?” tanyanya.
“ia kek, oia hari ini kakek sudah laku berapa lemnya?”.tanyaku kembali
“Kalo kamu jadi beli, kamu pembeli pertama yang membeli dagangan kakek hari ini.”katanya.
Akupun kaget mendengar jawabannya. Dari sekian banyak mahasiswa yang lewat belom ada 1 orang pun yang membeli barang dagangannya. Karena, untuk kalangan mahasiswa tidak terlalu membutuhkan Lem kertas.
“Kakek kenapa berjualan? Cucu kakek kemana?”. Bertanya dengan rasa ingin tahu.
“Kakek sendiri cu sudah 5 tahun lebih kakek hidup sendiri”. Jawabnya sambil meneteskan air mata.
“Maav kek kalau saya banyak bertanya, ya sudah saya ambil semua ya kek lem nya” ujarku dengan senang hati sambil mengeluarkan uang 100.000,-.
Kakek itu pun memelukku sambil mengucapkan terima kasih.
Saya yakin harga lem itu tidak seberapa, tapi hanya demi kebutuhan makan harian kakek itu pun rela berjualan sepanjang hari untuk melangsungan hidupnya.

Pesan singkat dari saya : apabila kalian melihat penjual atau pedagang yang menurut kalian sudah tidak mungkin lagi untuk berjualan. Jangan lah mengasiani mereka dengan memberikan uang. Tapi bantulah mereka dengan membeli barang dagangannya meskipun kita tidak terlalu membutuhkan. Dengan membeli barang dagangannya mereka akan merasa jauh lebih senang dengan kita memberikan jasa imbalan atas jerih payah mereka, di banding kalian memberikan uang Cuma-cuma.

Demikian cerita singkat dari saya tentang Kakek Si Penjual Lem.
Bantu saya untung mengembangkan cerita saya selanjutnya, dengan coment beberapa hasil cerita saya.

Terima Kasih, Salam saya Rangga Septa H,2ka12,15111873

Opini tentang Pelajaran Teori Organisasi Umum 2



“Opini tentang Pelajaran Teori Organisasi Umum 2”


Pertama Saya ingin Menyapa pembaca, Selamat datang kembali di blog Rangga-neverdie.blogspot.com.
Sekarang saya akan memberikan opini tentang pelajaran Teori Ogranisasi Umum 2 dengan dosen Bu Ira Phajar Lestari. Opini ini baru keluar di akhir semerter 4 saya, karna apa? Sebelum memberikan opini saya harus memberikan nilai” tersendiri dlu terhadap dosen dan mata kuliah ini. Oleh karena itu Menurut penilaian saya opini pun selesai di kerjaan.

Menurut saya “Pelajaran Teori Oraganisasi Umum 2 ini sayang penting meskipun yang saya tau SKS nya hanya 2. Pelajaran yang di bimbing oleh Bu Ira Phajar Lestari ini sangat banyak memberikan dampak baik bagi kelas, dimana saat ini kami di berikan tugas kelompok dengan berabagai materi. Dan harus di implementasi kan di depan kelas. Dengan demikian kami sadar bahwa dengan begini kami di ajarkan untuk percaya diri untuk menghadapi banyak orang. Contoh nya ya dengan berbicara di depan teman” kelas. Jujur saya sendiri yang dari awal sangat malu atau takut untuk berbicara di depan kelas. Kini saya memiliki sedikit keberanian setelah mencoba nya, meskipun kelompok dan materi yang saya berikan tidak maksimal dan mungkin belum memuaskan dosen. Tapi itulah usaha kelompok saya. Dengan penuh semangat mencari mataeri dan menyampaikan isi materi. Saya sangat berterima kasih pada dosen yang telah membimbing selama 1 semester ini. Saya juga berharap di semester selanjutnya saya akan bertemu dengan dosen” yang seperti ini.

Demikian Opini saya tentang Matkul “Teori Organisasi Umum2”  terima kasih all

^_^ salam Rangga Septa H , 2ka12, 15111873

Si Pembual



“Kisah Nyata Si Pembual”

Hy pembaca, datang kembali pada cerita selanjutnya. Oia cerita sedikit akhir” ini bumi panas sekali. Mungkin karena atmosfer bumi yang menipis, Saya menghabiskan banyak air untuk cerita ini. Saya menjadi pembual apalah hubungan nya panas akibat atmosfer dengan kehabisan banyak air.

Oke, ayo kita masuk ke cerita. Cerita ini hanya karangan semata jika ada kesamaan cerita, nama, tempat, kejadian, waktu itu bukan unsur kesengajaan, melainkan hanya ke kreatifan saya sebagai penulis. “Contek TV”. Cerita ini saya kutip dari kisah nyata saya sebagai warga negara.
Saya Bernama Anton, umur saya 20 tahun. Saya seorang pelajar di universitas swasta di daerah sumatera selatan,palembang. Saat itu saya sedang disibukan dengan tugas” di kampus. Keseharian saya, saya habiskan untuk mengerjakan tugas. Di siang hari saat saya sedang mengejakan tugas dengan serius nya, tiba” bel rumah saya berbunyi “ting tong”. Dengan berat hati dan berjalan santai saya membukakan pintu. Terlihat di lamunan mata saya, ada seorang wanita cantik berdiri di depan pintu rumah. Dengan memakai kemeja hitam dan rok, menurut yang ada di otak saya wanita itu berumur 28 tahun, dengan ciri : putih, cantik, dan manis tapi sayang dia lebih tua dari saya. Tiba” saya kaget saat wanita itu mulai menyapa
“Selamat siang mas” Sahut wanita itu.
“Iya selamat siang” balas saya (sambil terpatah-patah).”Ada yang bisa saya bantu?”
“Begini mas saya ingin menawarkan sesuatu apa ada orang tua mas di rumah?” tanya wanita itu.
“Oh ada sebentar ya” jawabku.
“Paaaaaaaa” teriakanku menguncang seisi rumah. Dan papaku datang.
“Iya ada apa mbak?”,”Ada yang bisa saya bantu?” sahut papa.
“Oh ya om kedatangan saya kesini ingin menawarkan sesuatu kepada om”Jawab wanita itu.
“Oia Sebelum nya silahkan masuk”Ajak papa dengan kode untuk menyuruh saya membuat kan minum.
“Begini om saya ingin menawarkan bisnis kepada om” ujar wanita itu.
“Bisnis apa ya mbak?” jawab papa dengan muka bingung.
“Bisnis ini sangat menjajikan dengan waktu yang relatif cepat bapak akan mendapatkan keuntungan yang berlipat, yaitu dengan cara memberikan modal atau  investasi kepada perusahan berupa iuran /bulan dan membeli produk perusahaan. Yang bisa bapak jual dengan harga yang lebih dari modal bapak. Dengan tahap level tertentu”. Ujar wanita itu.
“ Silahkan di minum mba”,”saya boleh menanyakan sesuatu mbak?” sambil memberikan minuman.
“Iya boleh, mau menanyakan apa? Jawab wanita itu.
“Untuk bisnis ini hasil Apa bisa kami dapatkan?” tanyaku.
“Nah ini dia, pertanyaan bagus”.”Keuntungan yang bisa bapak dapatkan dari bisnis bapak bisa mendapakan uang 10x lipat dari modal bapak dalam waktu 1 bulan”Jawabnya.
“Selain itu bapak juga bisa mendapatkan doorprice dari perusahaan seperti TV, dan semacam alat elektronik, sepeda motor bahkan bisa mobil.”Lanjutnya dengan yakin.
“wah mobil ya mbak hebat sekali bisnis ini” sedikit tertawa dalam hati.
“Mbak sendiri sudah berapa lama bergelut dengan bisnis ini?”Tanyaku padanya.
“Hemm”dengan ragu dia menjawab “1 tahun mas”.
“Apa yang sudah mbak dapatkan dari bisnis ini?”. Desakku.
“.............” wanita itu terdiam.
“apa mbak sudah mendapatkan barang elektronik, sepeda motor atau bahkan mobil?”desaku lagi.
“belum mas”jawab wanita itu dengan suara kecil.
“Saya sudah tau jawabannya.” Jawabku sambil membahas lagi.

Cerita nya tidak saya lanjutkan karena waktu yang sudah malam, baik untuk tidur.
Sedikit pembahasannya wanita itu datang dengan berbagai kata sampai” dia bilang mendapatkan doorprice. Saya berani menanyakan itu karena setelah saya membukakan pintu. Dari kejauhan saya melihat seorang tukang ojek yang sepertinya habis mengantarkan wanita itu ke rumah saya. Gimana orang mau percaya dalam satu bulan sukses atau bisa mendapatkan doorprice, dia yang bekerja 1 tahun pun datang ke rumah saya masih menggunakan jasa ojek. Wanita itu membual Untuk pekerjaannya.

Thx ya buat ya yang sudah baca ^_^. Tunggu Cerita Rangga selanjutnnya

Rangga Septa H.2ka12.15111873

Hidup Seorang Gamers



“Hidup Seorang Gamers”

Selamat Datang di Blog gw. Mungkin ini x pertama gw nulis cerita di blog gw, jujur gw jarang yg nama nya nulis cerita apalagi yang nama nya ngetik [capek]. Mungkin gw mau mencoba untuk menceritakan kisah nyata yang gw kutip dari hidup gw sendiri. Tentang “Kehidupan Seorang Gamer”, disini gw juga akan memberikan sedikit solusi dan tips” buat gamers yang baik.

Check it dot !!!

Apa itu game? Game adalah sebuah permainan yang dapat memberikan kepuasan terhadap seseorang dan meringankan beban pikiran seseorang. Tak kala juga game itu sendiri memberikan efek tersendiri bagi si pengguna, sama hal nya seperti narkoba, game jg memberikan efek candu terharap seorang gamers. Contoh nya saya sendiri ^_^, Sejak SMA saya bergelut dengan game sampai detik ini saya menulis cerita ini pun sambil bermain game (peace). Awal nya game itu buat saya hanya iseng karena tugas di sekolah menumpuk (maklum anak SMP baru masuk SMA yeaaah). Saya jalani keseharian saya dengan game, awal nya biasa saja mugkin 1 minggu porsi saya untuk maen game itu Cuma 1x. Sebulan kemudian  1 minggu 3x, 3 bulan kemudian 2 minggu 7x, setengah tahun kemudian 1 bulan 1 hari. Satu tahun kemudian 3x dalam sehari, layaknya minum obat anjuran dokter 3x sehari, hahahaha.

Nah Saya akan memberikan sedikit informasi tentang dampak buruk dari seorang pecandu game seperti saya ini. Tak kala seorang gamers itu ingin memberikan konstribusi lebih kepada game itu sendiri. Dengan cara membeli card atau yang di kenal dengan sebutan “voucher” sebagai donasi terhadap game tertentu. Oia harga voucher itu sendiri bisa d bilang dahsyat looh. Dari yang 10rb,20rb,35rb,65rb,175rb bahkan sampai 500rb untuk 1 voucher. Menurut yang ada di lingkungan saya, gamers tidak memandang usia. Anak umur 7 tahun pun sudah bisa di bilang sebagai seorang gamers. Bagaimana menurut anda jika anak umur 7-12 tahun harus membeli voucher senilai 65rb bahkan sampai 157rb?? Mgkin kalau 10rb itu wajar. Seperti kejadian seseorang yang pernah saya temui di warnet “Seorang anak SD ketauan orang tua nya tidak membayar uang SPP demi membeli voucher”. Ada juga “Seorang anak SD,SMP,SMA bolos kuliah demi bermain game”. Itu perilaku yang seharusnya tidak pernah boleh dilakukan untuk seorang pelajar. Tapi apa daya game sudah meracuni otak pikiran, (oia curhat sedikit saya jg sering bolos kuliah untuk maen game, berharap orang rumah tidak tau #peace#)

Masuk ke pemecahan masalah nya,
Tips untuk mencegah atau mengurangi Efek candu anak terhadap game online  :
1.Bermain game online seharusnya diperbolehkan hanya setelah anak selesai mengerjakan tanggung jawabnya. Misalnya,orang tua sangat dianjurkan untuk menetapkan aturan bahwa gama online atau video game hanya boleh dimainkan setelah anak selesai mengerjakan PR.
2.Untuk mencegah kecanduan game online,anak harus di batasi bermain game online tidak lebih dari satu atau dua jam per hari – terutama selama tahun ajaran sekolah.
3.Meskipun jika anak bermain game online beberapa jam dapat memberikan waktu luang yang berharga untuk ibu dan ayah yang sibuk,orang tua perlu memastikan bahwa game online tidak menjadi kegiatan utama anak mereka.
4.Akses untuk game online harus dipandang sebagai hak istimewa yang diperoleh anak,bukan hak otomatis.
Sedikit Pembahasan di atas dari saya, mungkin saya sedikit munafik untuk membagikan cerita ini, tapi sisi sosial saya sangat tinggi, saya tidak ingin melihat generasi muda banyak yang rusak masa depan nya demi game. Jika teman atau sahabat anda Seorang gamers, jangan jauhi dia, dekati dia dan bantu lah dia berhenti dengan nasihat”mu. Nasihat teman atau sahabat ada kalanya lebih di dengar di banding nasihat orang tua.

Kata Mutiara buatan saya :
“Sebelum orang lain mau membantu kita, Mulailah untuk membantu diri sendiri”

Ayo Hentikan Candu Game Online !!!

Terima kasih semua yang telah berkunjung silahkan untuk membaca cerita” lainnya ^_^



Rangga Septa H,2ka12,15111873