Minggu, 13 Januari 2013

Dampak Baik dan Buruknya Internet bagi Pendidikan

Dampak Baik dan Buruknya Internet bagi Pendidikan

Dewasa ini informasi semakin mudah dan cepat kita dapat, baik Koran, televisi, maupun internet. Internet saat ini paling sering digunakan oleh orang-orang berusia relatif muda, para pelajar sangat mengandalkan internet untuk menyelesaikan tugas mereka dalam waktu cepat, termasuk penulis yang juga sering mencari refrensi berbagai macam bidang melalui internet dan belajar memilih mana materi yang kompeten atau tidak relevan dengan topik yang dicari. Kemampuan berbahasa inggris anak menjadi lebih terlatih melalui bahasa yang digunakan untuk bahasa pengantar jaringan internasional, seperti saat menonton video youtube atau bermain game petualangan yang rata-rata menggunakan bahasa inggris, sehingga mau tidak mau si anak tersebut akan berusaha memahami alur cerita dan dialog, kemampuan bahasa inggris anak juga menjadi terasah melalui lagu-lagu yang biasa ada di youtube
.
Dibalik kelebihan pasti ada keburukan, keburukan internet bagi pendidikan anak antara lain adalah kejahatan virtual, sering sekali di halaman web muncul berbagai macam iklan “Mau lihat yang lebih dari ini, klik di….”, atau situs-situs “killerjo A.k.a Jebakan Betmen” yang menampilkan konten-konten porno atau kekejaman yang sering muncul sendirinya. Kejahatan virtual lainnya adalah teman dunia maya palsu yang sering menculik anak-anak pemakai jaringan sosial yang relatif labil. Keburukan internet yang kedua adalah anak menjadi sulit mengatur kehidupannya, banyak anak-anak yang kecanduan internet memiliki pola makan dan tidur buruk, padahal korban kecanduan dunia maya sudah banyak, salah satu kasusnya adalah para korban kecanduan game dan internet yang masuk rumah sakit karena pola hidup tak seimbang dan tubuh dipaksa kerja keras terus-menerus, terlebih lagi mereka berada di tempat yang mengandung radiasi tingkat kecil. harus diingat juga bahwa gelombang yang ada pada sinyal internet bagaikan sinyal HP yang bereaksi pada POM bensin dan otak manusia, terlalu lama menggunakannya akan membahayakan tubuh.

Kemajuan teknologi bagaikan api, kecil jadi teman besar jadi pembunuh, sudah banyak orang yang menjadi korban teknologi, alangkah bijak bila para orang tua serius dan tegas dalam mengatur anak agar tidak menjadi korban arus zaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar