Jumat, 03 Mei 2013



Resume Kelompok 4
“Struktur Pasar”

Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:
  • Pasar persaingan sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.

  • Pasar persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:
    • Pasar monopoli: Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
    • Pasar oligopoli: Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
    • Pasar duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, tetapi pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
    • Pasar persaingan monopolistik Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
    • Pasar monopsoni Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
    • Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.

Rangga Septa H. 2ka12, 15111873


Resume Kelompok 3


“ Perilaku Produsen ”

Produsen adalah orang yang menghasilkan barang atau jasa untuk dijual atau dipasarkan, sedangkan Produksi adalah usaha untuk menciptakan dan meningkatkan kegunaan suatu barang untuk memenuhi kebutuhan.
Fungsi Produksi

Fungsi produksi merupakan interaksi antara masukan (input) dengan keluaran (output). Misalkan kita memproduksi jas. Dalam fungsi produksi, jas itu bisa diproduksi dengan berbagai macam cara

Contoh perilaku produsen :

1.      Produsen mencari keuntungan dengan menghasilkan barang atau jasa sebanyak-banyaknya dengan modal yang seminimum mungkin.
2.      Produsen memberikan Diskon kepada pembeli atau konsumen yang membeli barang dalam jumlah yang banyak yang telah diakantentukan produsen itu sendiri.
3.      Produsen mematok biaya produksi berdasarkan faktor input produksi tersebut, sehingga ketika harga salah satu faktor input naik, maka harga jual hasil produksi pun akan ikut naik.
4.      Selain produsen menghasilkan barang atau jasa sesuai kebutuhan konsumen, produsen juga menghasilkan barang atau jasa sesuai trend atau sesuatu yang sedang banyak diminati oleh masyarakat.
5.      Produsen juga mengadaptasi isu global atau keadaan sosial yang sedang terkenal saat itu untuk memasarkan barang atau jasa yang mereka jual.
6.      Produsen juga memberikan diskon besar-besaran untuk barang yang sudah lama disimpan di gudang atau biasa disebut cuci gudang.

Rangga Septa H,2ka12,15111873

Resume Kelompok 2


“ Perilaku Konsumen ”

Perilaku konsumen adalah proses atau aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan  serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Terdapat dua jenis mengenai pendekatan perilaku konsumen diantaranya :
       a.      Teori Kardinal ( Cardinal Theory )
       b.      Teori Ordinal ( Ordinal Theory )
3 pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen :
1.      Pendekatan Interpretif.
2.      Tradisional.
3.      Sains pemasaran.
Cara menjadi konsumen yang baik :
·        Pengenalan masalah 
·        Pencarian informasi 
·        Mengevaluasi alternatif 
·        Keputusan pembelian
·        Evaluasi pasca-pembelian 
Faktor – faktor perilaku konsumen :
1.      Faktor budaya
2.      Faktor social
3.      Faktor pribadi
4.      Faktor Psikologi

Rangga Septa H, 2ka12, 15111873

Resume Kelompok 1

“ Penentuan harga permintaan dan penawaran ”

Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia serta dapat dijual oleh penjual pada berbagai  tingkat harga, dan pada waktu tertentu.Berikut faktor yang mempengaruhi penawaran:
  • Harga barang itu sendiri.
  • Harga sumber produksi.
  • Tingkat produksi.
Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.Berikut faktor yang mempengaruhi permintaan :
  • Harga barang itu sendiri.
  • Harga barang lain yang berkaitan.
  • Tingkat pendapatan.
  • Selera konsumen itu sendiri.
Hukum Permintaan (the low of demand) 

Hukum permintaan pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis yang menyatakan : “Hubungan antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya apabila harga turun jumlah barang meningkat.
     
Daftar Permintaan 

Daftar permintaan ialah suatu tabel yang memberi gambaran dalam angka-angka tentang hubungan antara harga dengan jumlah yang diminta masyarakat. Ia menggambarkan besarnya permintaan yang ada pada berbagai tingkat harga.

Rangga Septa H, 2ka12, 1511873